f

Gara-gara Corona

Assalamualaikum.wr.wb

Kartun corona


Semenjak Indonesia kedatangan si corona menyebalkan ini, segala aktivitas yang biasanya dilakukan di luar rumah, semaksimalnya dilakukan dari rumah. Hal ini membuatku yang notabene anak rantau harus meninggalkan kos dan pulang ke rumah karena perkuliahan pun juga akan dilakukan dari rumah alias daring atau kuliah online. Karena di rumah aja, aku jadi bisa membantu ibu 24/7 dan kalau mau komunikasi tinggal bilang aja langsung ga perlu vidcall-an lagi. Walhasil, aku bisa bantu ibu mengerjakan urusan rumah. Oiya, sama ada mbak yang bantu-bantu di rumah. Kita jadi kaya tim gitu (azek). Kalo malem hari timnya jadi tinggal aku sama ibu. Pembagian tugas di tim kita ini gampang banget. Pokoknya urusan dapur itu bagian ibu dan mbak. Sisanya aku. Beh, ternyata banyak banget ya pekerjaan rumah tuh. Aku sempet protes ke ibu, “Kok aku bagiannya banyak banget? Aku kan ada kuliah juga” terus ibu jawab, “Gapapa biar olahraga, lagian cuma pekerjaan gini doang. Yaudah, nanti kalo pas kuliah biar adik yang ngerjain”. Nahh sebenernya maksud protes ku ini ke situ bu. Supaya adik juga kebagian kerja 😜


####

Suatu hari, aku menawarkan diri ke mbak buat bantuin masak di dapur.

“Masak apa mbak?” tanyaku basa-basi.

“Sayur sop. Nih sama mau goreng tahu” jawab mbak. Mbak lagi siap-siap nyemplungin tahu ke wajan.

“Nyambel nggak mbak?” tanyaku. Maksudnya menawarkan diri biar aku yang ngulek.

“Nih, kakak mau ngulek?” tanya mbak sambil menyerahkan ulekan.

“Yaudah, sini dah” aku menerima ulekan itu terus bawa ke ruang tv. Jadi ngulek sambil nonton tv.

Gak lama, si mbak tiba-tiba bilang,

“Astagfirulloh, ini gasnya mau habis dah” si mbak panik gitu. Soalnya masih ada tahu yang belum digoreng. “Kak, mbak ke warung dulu dah ya, beli gas” jawabnya sambil memakai masker kemudian berlalu.

“Yaa” jawabku singkat.

Sambel nya udah 50% halus. Tapi, masih ada bawang putih yang belum keulek. Aku lanjut ngulek sambil nonton acara tv.

Pas banget si mbak balik dari warung, sambelnya udah keulek semua. Udah halus. Siap dimakan bareng sop dan tahu goreng.

Mbak langsung naro minyak goreng di lemari deket kompor lalu cuci tangan pake sabun. Semenjak pandemi, mbak bisa dibilang orang yang sangat sangat mengikuti protokol kesehatan. Setiap dateng ke rumah, yang dilakukannya pertama adalah cuci tangan pake sabun dan air mengalir. Baru habis itu biasanya mbak mulai kerja sambil cerita tentang apa yang ditemuinya di jalan sewaktu otw rumah. 

“Mbak, nih udah ya sambelnya. Tutup nya mana?” kataku sambil nunjukin sambel yang udah halus. Si mbak baru selese cuci tangan.

“Oiya, bentar” mbak ngambilin tutup sambelnya. “Eh kak..” si mbak tiba-tiba memulai cerita. Salah satu khasnya kalo mulai cerita pake “eh kak” atau “eh masa ya kak”.

“Kenapa?”

“Orang-orang tuh nyawa nya banyak kali ya?” kata mbak sambil mengerutkan dahi.

“Hah gimana maksudnya?” tanyaku gak paham.

“Iya, tadi pas ke warung mbak liat orang-orang udah gapake masker. Ih mbak mah takut” lanjutnya panjang lebar. “Dia pikir corona udah hilang kali ya. Pada ga liat tipi apa” mbak goreng tahu sambil kesel.

“Terus nih kak” lanjutnya. “Itu orang-orang pada ngobrol-ngobrol ketawa-ketiwi di warung gak berjarak lagi. Lah, kesel banget mbak. Jadi tadi mbak abis beli gas langsung cepet-cepet pulang. Takut.”

“Loh trus mana gasnya?” tanyaku.

“Ntar dianter katanya. Mbak ga kuat lah kak masa harus gotong gas” jawabnya lalu ketawa. Keselnya mulai ilang.

Mbak melanjutkan masak di dapur, sedangkan aku balik ke kamar karena jam 13.00 ada kuliah online. Nggak jarang, waktu kuliah online suara dari dapur mendistraksi. Yang ekstrem kalo pas bagian menggoreng cabe buat bikin sambel. Beh, serumah langsung batuk-batuk dan bersin karena bau cabe. Kalo pas gini biasanya mbak ketawa ngakak gara-gara cabe yang digorengnya.

"Hehehe maap maap jadi pada bersin" katanya dari dapur.

Tepat jam 16.00 rumah kedatangan tamu. Gara-gara corona bertamu dan menerima tamu juga punya protokol sendiri. Semuanya pake masker dan di ruang tamu pun duduknya berjauhan. Pintu dibuka lebar supaya sirkulasi udara lancar. 

"Siapa, kak?" tanya mbak penasaran.

"Ngga tau, tukang AC kali" jawabku.

Tiba-tiba ibu menghampiri aku dan Mbak. "Kak, tolong bikinin minuman 2" 

"Kan ngga boleh?" tanyaku. Aku teringet siaran di berita kalo corona mudah menyebar. Untuk mencegah penyebaran itu, mungkin lebih baik si tamu minum air mineral yang udah tersedia di ruang tamu. Karena gelasnya bisa langsung dibuang.

"Lho kok ngga boleh?" tanya ibu. Ibu sempet diam sebentar. "Hmm oiya ya. Yaudah ngga usah kak" ibu lalu berjalan kembali ke ruang tamu.

"Lahh susah bener ya gara-gara corona nih, apa-apa jadi musti waspada. Maaf ya tamu, anda minum air mineral gelas itu aja ya" kataku lalu balik ke kamar.

"Corona nyusahin ya kak. Sebel Mbak. Orang bertamu kan kalo itu keluarga ya istilahnya pengen silaturahmi. Yang dulunya bisa saling salaman atau cipika-cipiki sekarang harus jauhan biar jaga jarak. Lah nyusahin dah pokoknya" si mbak ikut berargumen.

"Kalo tamunya bukan keluarga gimana?"

"Yaudah, paling tukang. Ya ga perlu salaman atuh kak" jawab Mbak terus balik ke dapur.

Aku ketawa.

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment