f

Sharing part 3: Rongga Mulut

Assalamualaikum.wr.wb

What's Inside My Mouth?

Pernah ngga sesekali ngaca lamaaa banget sambil ngeliatin wajah sendiri? Mulai dari jidat, trus alis, mata, hidung (sambil noleh kanan kiri ngecek ke-mancung-an), pipi yang semakin membesar, dan mulut. Do you guys realize that we have our own face like mine is different from you and yours is different from another too? Masing-masing orang punya bentuk wajah sendiri dan bener-bener beda satu sama lain (kecuali kembar identik ya). Subhanallah.

Pernah ngga waktu ngaca sesekali explore rongga mulut sendiri? Sambil mangap lebar terus di senterin gitu. Ngecek gigi, liat lidah, atau kalo pas sariawan ngeliatin sariawannya. Ternyata isi rongga mulut kita unik banget ya. Yuk kita bareng-bareng menjelajah area rongga mulut kita. So, here we go

Rongga mulut manusia
Rongga mulut manusia
Sumber: Sobotta Vol. 3

1. Bibir
 
Bibir diibaratkan sebagai gerbang atau gapura gitu. Pintu masuk makanan dan minuman yang kita konsumsi. Bentuk bibir manusia macem-macem, warnanya pun juga macem-macem.
Bentuk bibir manusia
Bentuk-bentuk bibir manusia
Sumber: healthline.com

Bibir juga bisa menunjukkan keadaan fisik seseorang atau lawan bicara kita. Misal pas lagi sakit atau pingsan bibir tampak pucet gitu dan rasanya juga jadi lemes kan ya? Karena berkurangnya suplai oksigen. Tapi lain cerita lagi pada orang yang merokok atau perokok aktif bibirnya lebih berwarna gelap atau hitam. Tapi, bibir yang berwarna gelap nggak selalu dia seorang perokok bisa juga karena sel pigmen yang jumlahnya banyak, jadi bibir tampak lebih gelap. Tapi, perokok sering kita temui bibirnya berwarna gelap karena zat-zat kimia di dalam rokok memicu pembentukan stain dan pigmentasi pada bibir (well aku belum nemu jurnal atau buku yang menjelaskan mekanisme rokok membuat bibir menjadi warna hitam. I'll find the answer later). Bibir juga memiliki fungsi dalam bicara yaitu membentuk artikulasi. Coba deh, ngomong tapi bibirnya dipegangin terserah mau bibir atas atau bawah atau atas-bawah juga boleh terus coba ngomong ini: “Wow aku lagi coba ngomong kaya begini” Jadi susah bicara kan? Oiya aku jadi inget dulu tiap sore belajar TPA di masjid belajar huruf hijaiyah guruku selalu bilang “mulutnya dibuka ya” atau “bibirnya dibuka” supaya jelas melafalkan huruf-huruf tersebut. Aku baru ngeh sekarang 😂. Bibir perlu dirawat agar tetap sehat yaitu dengan banyak minum air putih supaya bibirnya nggak kering. Terus aku juga sering baca/liat youtube ada juga tips membuat bibir merah alami katanya pake gula. But I have no clue. Baca-baca jurnal gih tentang ini 😁👍 
 
2. Gigi
 
Gigi orang dewasa
Gigi orang dewasa
Sumber: health.detik.com

Gigi orang dewasa jumlahnya 28 karena ada beberapa orang yang gigi bungsu (istilahnya gigi Molar 3 disingkat M3) yang ngga tumbuh karena ngga dapet tempat atau memang karena nggak ada benih giginya. Tapi ada juga yang gigi bungsunya tumbuh sempurna jadi jumlah gigi yang di rongga mulutnya ada 32. But, it doesn’t matter. Menurut cerita yang aku dapat entah dari temen-temen atau dari beberapa saudara, waktu gigi ini tumbuh mereka ngerasain demam nggreges gitu dan sakit katanya. Ya karena saya tidak pernah merasakan hal tersebut jadi saya tidak tau😁. Membahas gigi, coba deh ngaca sebentar trus nyengir liatin satu-satu gigi yang ada. Gigi punya bentuk dan ciri khas masing-masing. Unik ya? Karena itu mereka punya fungsi masing2 (throwback pelajaran IPA SD gigi dan macam-macam fungsinya). Gigi manusia umumnya berwarna putih kuning gimanaaa gitu. Gigi bisa mengalami perubahan warna atau diskolorasi gigi. Diskolorasi ada intrinsik dan ekstrinsik. Diskolorasi intrinsik bisa terjadi pas masa pembentukan gigi sekitar trimester 2 kehamilan sampai usia 8 tahun. Faktor yang berpengaruh ada banyak, mulai dari faktor keturunan, obat-obatan yang dikonsumsi sang ibu saat hamil, dll. Sedangkan untuk diskolorasi ekstrinsik terjadi karena konsumsi makanan atau minuman seperti teh, kopi, atau permen dan coklat yang akhirnya membuat gigi mengalami perubahan warna. Tapi kalo gigi-gigi yang kaya artis gitu dia bisa putih mungkin melakukan perawatan gitu bleaching atau veneer. Tapi mungkin ada juga yang giginya putih alami, yaudah lah ya kenapa jadi ngomongin gigi artis 😅. Tapi yang penting adalah gigi ini harus dirawat dan dijaga sebaik-baiknya. Tingkatkan oral hygiene dengan sikat gigi 2x sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Pake obat kumur juga boleh tapi ini opsional sih dan cukup sesekali aja. Kalau misal dengan sikat gigi belum optimal bisa juga menggunakan dental floss atau benang gigi untuk menjangkau area-area sempit. So, save your teeth. Ya kalo bukan diri sendiri yang menjaga, siapa lagi? (ya ngga?)😉 
Cara menggunakan dental floss
Sumber: pinterest.com
 
3. Lidah
 
Struktur lidah
Sumber: Sobotta Vol. 3

Pernah denger ngga istilah ‘lidah tak bertulang’? Itu beneran lho ternyata. Kalo diliat dari anatomi, lidah itu tersusun atas otot-otot atau musculus. Masing-masing musculus punya peran tersendiri ada yang perannya menggulung lidah, mengangkat lidah, dan menjulurkan lidah.

Ini gambaran lidah kalo dipotong secara membujur
Sumber: Sobotta Vol. 3

Lidah memang tidak bertulang tapi struktur lidah disokong oleh tulang dan otot-otot di sekitarnya yaitu os hyoid (os: dari kata osseus artinya tulang). Jadi kurang lebih begini gambarannya:

Lidah dan pendukung lidah dari sebelah kiri
Sumber: Sobotta Vol. 3


Nah, selanjutnya di lidah ada papilla sebagai detektor rasa. Papilla ini kecil-kecil banget dan tersebar tapi yaa masih terlihat. Coba deh melet dikit di depan cermin, nah keliatan kan ada titik-titik kecil gitu di ujung lidah? Nah, papilla yang tersebar ini memiliki fungsi untuk mendeteksi rasa. Kalo dulu SMA belajar bagian lidah kalo yang pangkal atau yang paling belakang sana itu perasa pahit, kalo yang ujung depan manis, terus samping depan asin, terus kalo bagian samping belakang asem. Wee masih inget, daebak!😆. Oiya, lidah juga perlu dibersihkan. Biasanya sikat gigi itu belakangnya ada kayak garis-garis gitu nah itu bisa dipakai buat bersihin lidah atau kalo nggak ada alias sikat gigi nya ya cuma sikat gigi, bisa menggunakan tongue scrapper. Kurang lebih begini

Alat pembersih lidah
Sumber: Materi kuliah
 

Okehh perjalanan kita menjelajahi rongga mulut sampe sini dulu kali ya. We need to take a break,bro. Waktunya ishoma dulu nih. Yhaa berasa lagi wisata di Ancol aja😂😁.

Ok, see you on the next post👋

Daftar Pustaka: 

Asiking, W., dkk., 2016, Hubungan merokok dengan kesehatan gigi dan mulut pada pria dewasa di desa Poyowa Kecil kecamatan Kotamobagu Selatan kota Kotamobagu, eJournal Keperawatan, vol 4(1): 1-6.
Ghalib, N., dan Ayuandyka, U., 2017, Prevalensi diskolorisasi gigi pada anak prasekolah di kota Makassar, Makassar Dent J, vol. 6(2): 66-72.
Sobotta Atlas of Human Anatomy, Head-neck-neuroanatomy, 15th Ed.

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment