f

Pengalaman Lomba

Assalamualaikum.wr.wb

Hello blog! 👀

Tgl 15 November kemarin rombongan sirkus berangkat ke Surabaya (hahaha ampun temen-temen✌ bukan rombongan sirkus dengg). Jadi ceritanya kita ber 12 orang mau ikut lomba di fkg unair. ini pertama kali dalam hidup di perkuliahan aku ikut lomba (debut gitu ceritanya). Oiya dan pertama kali juga main ke Surabaya. 12 orang ini terbagi jadi 4 tim dan kebetulan kita semua seangkatan. Perjalanan ke Surabaya ditempuh dalam waktu 9 jam naik kereta. berangkat jam 7 pagi sampe sana jam 4 sore. asli ternyata Surabaya sejauh itu (monmaap ini first time ke Surabaya, dont judge me). first impression pas sampe di surabaya: panasss🌞🌞👌.

Sampe di hotel kita langsung beres2 dan mandi karena malemnya ada technical meeting (TM) di kampus fkg unair buat persiapan lomba besok. Pas liat kampusnya ternyata guede bgt coy trus artistik gitu. oiya fyi ini kampus fkg tertua+pertama di Indonesia lho dulu namanya STOVIT. Icon dari kampus ini tuh tulisan "stovit 1928"-nya yang dulu suka ada di buku pelajaran SMP atau SMA (mungkin). Trus sisi lain dari kampus ini ruang kuliahnya luas bgtt ya karena mahasiswanya juga banyak sih ya.



Oke, balik ke TM.
TM nya dimulai sekitar jam 19.00. Dijelasin ketentuan sama peraturan-peraturan buat lombanya besok. Lombanya ini ada 3 cabang lomba: research competition (international), literature review, sama dental olympic. Yg lomba research tuh presentasinya pake b.inggris cuyy gils keren parah. Yg litrev ya litrev pada umumnya gitu, presentasi pake b.indo. Kalo yg dental olympic (nah, kita ber 12 ikut yang ini) itu ada 3 rangkaian lombanya. pertama ada determinasi gigi: jadi kita nebak itu gigi apa pake sistem WHO. ada 30 soal kalo ga salah, trus tiap soal di taro di 1 meja yang disitu ada 2 gigi, tiap meja dikasih waktu buat jawab soal 30 detik (seingetku). kedua ada wax carving: kita nge carving gigi 11 mahkota full pake dental wax atau malam merah. dibuat serapih mungkin dan semirip mungkin sama aslinya sesuai morfologi nya gitu (wuz mantap coy). trus yg ketiga klamer: kita bikin klamer half jackson pake kawat 0,8 mm. Ini pertama kali kita bikin klamer pake kawat 0,8 mm karena biasanya klo skills lab pake yg 0,7 mm jadi sebelumnya kita latian dulu nekuk2 kawat 0,8 mm ini. Oiya, satu hal yg aku liat pas TM ini, se ruangan tuh isinya wajah-wajah orang pinter gitu lho😅 hahaha (becanda tapi bener).

16 November.
D-day hari perlombaan dental olympic
Pagi-pagi bangun trus nyiapin segala macem mulai alat-alat lomba, jas lab, alat tulis, semua nya kita siapin. Dan setelah semua siap, bismillah aku, eva, naila dan temen2 tim lain berangkat
fayza, eva, naila
Pertama bagian determinasi gigi. Di sini kita ber 3 bekerja sama. Naila dan eva bagian mikir dan aku bagian nulis jawaban wkwkwk😂😉. Gigi yg di lombain kebetulan gigi permanen rahang atas dan rahang bawah trus kita tulis jawabannya pake sistem WHO. Berlanjut ke bagian kedua yaitu carving. Di bagian ini aktornya si eva. doi selama ngerjain serius bener berusaha bikin mahkota gigi insisiv (gigi seri) atas kanan (gigi 11) sebagus dan semulus mungkin selama 20 menit (biasanya kalo pas lg skills lab waktunya 150 menit, mantap). Trus aku sama naila bagian finishing. Nah, di menit-menit akhir si panitia nya bilang kalo mahkota nya dibikin supaya bisa dicopot dari model gigi nya. Wah panik dong si eva krn carvingannya gabisa lepas dari model gigi nya kaya kita berdua yg gabisa lepas satu sama lain (hoek) wkwk😀. Yah, sedikit miskom gituu yaudah lah yaa kita tetep lanjot teroos. Akhirnya masuk ke bagian ketiga yaitu klamer bikin half jackson aku sama naila bikin barengan pas ini. Yaah, nekuk-nekuk kawat 0,8 mm ga jauh beda sih sama yg 0,7 mm tp ya kerasa tebel gitu. Selama latian sebelumnya kita bikin half jackson di gigi molar (16 atau 26) which is gigi geraham yg ukurannya tergede dari gigi yg lain. Eh, pas lomba perintahnya bikin di gigi C alias caninus alias gigi taring. ok baiklaah dalam 20 menit kita ber 3 mastato'tum (kalo pas lg skills lab klamer kadang 150 menit tuh ga cukup waktunya. Bahkan jadwal skills lab dibikin jadi 5 jam juga ga jadi2 klamernya #curcol😅) . Setelah selesai lomba kita balik ke ruang kelas dan dapet kuliah singkat mengenai perlombaan tadi. Istilahnya me review gitu sama kita dikasih tau tips-tips cara nge carving supaya bagus itu yg kaya gmn, trus dikasih tau jg tentang klamer half jackson mulai dari pengertian, fungsi, trus cara bikinnya. Ya intinya ada sedikit kuliah gituu. Setelah selesai, kita ishoma.
Abis itu ada free time, nah ditawarin tuh sama LO nya ke tempat wisata di Surabaya istilahnya city tour gitu. Pilihannya ada ke museum kapal selam, museum rokok djarum atau apa gitu aku lupa, atau ke mal tunjungan plaza. Dan kita ber 12 memutuskan ke mal aja. Karena inisiatif dari bbrp temenku (beberapa orang dari 12 orang ini), di tunjungan plaza (TP) ini kita bagi tugas cari oleh2 buat temen2 sekelas kita. Gils, friendship goals bgt ga sih, meskipun lg di luar kota tetep inget temen EAAA. salut sih sama temenku yg ngide beliin oleh2 buat temen2 sekelas wkwk aku aja ga kepikiran😁 ✌
mal tunjungan plaza
Mal tunjungan plaza ini yaah so far mal nya seperti mal pada umumnya ya wkwk cuma emg gede sih kaya mal2 di jkt (trus aku baru inget Surabaya ini kan ibu kota ya, tepatnya ibu kota provinsi jd yaa mal2 nya gede2. sebenernya ga ada korelasi nya sih antara ibu kota dan mal2 gede. Tp biasanya gitu, ya ga sih? iya aja wes). Nah, setelah kurang lebih 2,5 jam muterin mal TP ini kita lalu balik ke hotel, goler2 bentar trus siap2 karena malemnya ada gala dinner dan pengumuman juara, cihuy
.
Dan qodarullah kita ber 12 blm rejekinya dapet juara. Tapi ngga papa, setidaknya kita dapet pengalaman yg beda dan menambah warna lain dalam lembaran kehidupan kuliah EAAA.
.
Pengumuman pemenang menjadi puncak dari rangkaian kegiatan lomba. Setelah selesai acara, kita memutuskan balik ke hotel. Istirahat. Trus besoknya udah kembali lagi ke Purwokerto.
.
Di akhir, saya pribadi mengucapkan terima kasih banyak kepada drg. anin, drg. fadli, dan drg. aris yg telah membimbing kami dalam persiapan lomba ini. Terima kasih juga untuk ayah&ibu yg sudah memberi dukungan serta ridho buat kami berangkat. Tak lupa terima kasih buat temen2 kelas yg udah support kita ber 12👍. Maaf ya, belum menang.
.
Kalo kata eva, "Alhamdulillah bisa jalan2 pake duit ukt" 😎
#kgunsoed

Tetap semangat ya teman2 semua. Inna sholati, wa nusuuki, wa mahyaaya, wa mamaati lillahi robbil 'alamiin

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment