f

Virtual Class Seru! #dirumahaja


Assalamualaikum.wr.wb

Beberapa waktu lalu, tepatnya Rabu 15 April 2020, aku iseng-iseng ikut virtual class yang diselenggarakan oleh detikcom. Ehh ternyata salah satu pembicaranya Jerome Polin 😀.


Jadi ceritanya adalah..

Aku liat di twitter kalo detikcom ngadain virtual class dengan tema “How to make a creative digital content dan soft and hard skill in building digital apps”. Ada banyak pembicaranya. Trus aku iseng-iseng daftar lewat aplikasi detik (mesti download dulu). Ternyata kelas nya itu ada 2 hari. Hari ke 1 itu Selasa, 14 April dan hari ke 2 Rabu, 15 April. Karena pendaftaran kelas hari ke 1 udah ditutup, aku join kelas yang hari ke 2.


Nah, setelah selesai daftar aku baru tahu pembicara/narasumber di hari ke 2 itu ada kak Alvan Alvian dan Jerome Polin sama ada performance dari Adhikara Fardy.

Ini narasumber hari ke 1
Ini narasumber hari ke 2
Siapa mereka? Kak Alvan ini founder nya eh founder atau CEO pokoknya pembuat “by.U”. Nah by.U ini semacam digital apps gitu. Aku belum paham sih apa itu by.U jadi maap aku tidak bisa menjelaskan panjang-panjang hehehe sebaiknya searching sendiri ya!😁✌. Pembicara kedua Jerome Polin. Rasanya udah pada tau deh dari ngeliat fotonya aja langsung “Oalahh ini toh Jerome Polin” ya kan? Wkwkwk. Dia mahasiswa yang kuliah di Jepang, youtuber, pinter, dan kocak (kata google ya ini). Trus yang ketiga Adhikara Fardy dia penyanyi eh musisi deng nyebutnya. Dia juga mahasiswa yang kuliah di Malaysia (aku tau dari virtual class kemaren wkwk).
.
Virtual class dimulai jam 13.00. Materi pertama oleh kak Alvan Alvian tentang "soft and hard skill in building digital apps". Pelajaran yang bisa diambil dari materi pertama ini adalah: soft skill dan hard skill itu sama pentingnya, keduanya diperlukan apalagi nanti ketika masuk dunia kerja. Karena, dunia kerja itu kan kompleks ya. Kita banyak berinteraksi dengan orang lain di dalam teamwork misalnya. Nah disinilah soft skill itu diperlukan. Soft skill itu lebih ke karakter seseorang atau sikap kali ya gampangnya, sedangkan kalo hard skill itu mungkin bakat dan bisa dipelajari. Jadi, baik soft skill maupun hard skill perlu diasah supaya seimbang dan kita semakin expert di keduanya.

Setelah materi 1, ada perform dari Adhikara Fardy. Nyanyi 2 lagu she was mine sama satunya gatau aku lupa maap.


Nahh abis itu masuk ke materi 2 atau sesi terakhir virtual class. Pembicaranya Jerome Polin. Ngomongin tentang "how to make a creative digital content". Dia cerita awal mulanya bikin content di youtube sampai sekarang. Ada 2 poin yang menurutku menarik:
1. Di era digital yang sekarang ini sebaiknya kita manfaatkan untuk menebar kebaikan.
2. Di dunia ini ngga ada yang instan. Semuanya melalui proses masing-masing.


Yaa, kurang lebih begitu hasil belajar di virtual class kemarin wkwk. Menurutku acara ini seru dan pas untuk mengisi aktivitas selama #dirumahaja. Lumayan bisa menambah ilmu selain ilmu tentang penyakit periodontal wkwkwk. Selain itu, kita dapet e-sertifikat sama dapet PPT nya para pembicara (dikasih link google drive gitu). Mantapp. Terus uniknya lagi ini kelas ada absennya dong wahaha  

gini nih absennya 
Tapi sayangnya, virtual class ini kurang hidup soalnya ngga ada interaksi langsung antara pembicara-peserta. Jerome pas lagi presentasi juga bilang "Yah guys aku gabisa liat kalian guys". Jadi pas sesi tanya-jawab pertanyaannya ditulis di kolom komen trus dibacain sama moderatornya. Jadi yang bisa interaksi ya moderator sama pembicara trus kita nonton aja gitu. Ekspektasiku bakal kayak kuliah online gitu lho kita ada di dalam room meeting yang sama tapi ternyata engga wkwk.
.
Manusia pasti perlu bersosialisasi dengan orang lain. Supaya bisa bersosialisasi dengan baik, maka perlu memahami soft skill dan hard skill masing-masing lalu mengembangkannya. Selain itu, belajar tentang digital content bukan berarti belajar jadi youtuber. Yaa boleh aja sih jadi youtuber, tapi aku kayanya belajar tentang penyakit-penyakit gigi dan mulut dulu sampe jago, sampe hapal di luar kepala wkwk. At least dengan belajar digital content ini minimal bisa memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang baik. Media sosial yang kita miliki digunakan untuk berbuat kebaikan dan memberi manfaat. 
.
.
Anyway, selamat hari pendidikan nasional! Ayo semangat belajar demi kemajuan negeri ini💪

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment