f

Ramadhan sebentar lagi~

Assalamualaikum.wr.wb

Wow ramadhan is getting closer!
Klo kuliat di kalender hijriyah, ramadhan tahun ini jatuh pada 6 Mei 2019. Artinya seminggu lagi udah bulan ramadhan woaah♥️. Btw, ini ramadhan ke 2 ku lhoo sebagai anak rantau😏.
.
.
Berkaca dari ramadhan tahun lalu, banyak sih hal2 yg gak mau ku ulang di tahun ini. Tapi, sampe saat ini aku blm nemu solusinya. Misal nih: soal sahur. Tahun lalu, aku sahur tuh semacam catering gitu. 1x makan bayarnya 10.000 (sistemnya cod. Pas makanannya dianter, baru kita bayar) menunya tiap hari beda2 jd ga bosen dan selalu dikasih buah+air mineral. Terus bebas gitu (misal seminggu pesen catering di situ 3x, atau mau tiap hari catering disitu jg bisa) terserah anaknya dan ntar catering nya dianter ke kos biasanya dianter jam 03.00 an. Terus enaknya lg, si ibu cateringnya ini pas anter makan buat sahur, ibunya selalu nelfonin ngasih tau klo udah di dpn kos jd sekaligus bangunin buat sahur. Dan nelfoninnya tuh ga cuma sekali, pernah suatu hari, aku tuh ditelp tapi ga bangun2 aku baru bangun pas ibunya tuh nelpon 3x. Emang bangun buat sahur tuh beratnya luar biasa (ini ga cuma aku doang kan😂). Nah, dari situ klo kupikir2 yah sebenarnya agak boros sih klo setiap hari beli sahur. Belom lg ntar pas buka puasa kan pengennya yg seger2 tuh misal es kelapa 5.000 trus makan nasi misal 10.000. Nah loh jd brp tuh. Berarti gini:
[Misal], pengeluaran hari ini:
hari: senin
Sahur 10.000
Buka pake es kelapa 5.000
Makan berat 10.000
Total: 25.000. Ini total 1 hari
Misal full ramadhan: 25.000×30 hari= 750.000
Masya Allah itu baru buat makan padahal🤦🏻‍♀️ wkwkwk
.
Tapi pernah sih suatu hari, aku ikutan suatu event di bulan ramadhan (aku agak lupa event apa). Nah, kebetulan htm nya free dan dapet takjil yahh lumayan lah. Darisitu muncul ide 'gmn klo tiap hari begini kan lumayan bisa nge hemat pengeluaran' hahaha jiwa student nya keluar (apasih😂). Walhasil jd sering deh ikutan event2 gitu baik event di kampus/di luar kampus. Nah, seingetku ramadhan tahun lalu aku beberapa kali ikutan tuh event2 ramadhan gitu. Ga cuma aku doang sih, rame2 gitu sama temenku yg lain. Yah lumayan. Malah pernah ada satu atau dua event ga cuma dapet takjil tapi dapet makan nasi juga gratiss wahhh senangnya luar biasa tuh kita waktu itu hahahaha (aku tau kalian juga gitu kann hahaha).
.
Tapi, klo selama ramadhan tuh hampir tiap warung makan/rumah makan buka pas jam makan sahur. Rata2 bukanya dari jam 02.00 sampe menjelang imsak. Klo di hari biasa kan jarang ya rumah makan yg buka jam segitu kecuali emg rumah makan yg 24 jam. Jadi yah, gampang juga buat cari makan sahurnya. Tapi, ya gimana ya bangun jam segitu tuh emang butuh kekuatan yg super duper hoahh supaya bisa melawan kantuk yg luarr biasa (ini lebay sih. Tapi kenyataan wkwkwk). Kalo tahun lalu, aku tuh terlalu males gitu lho pagi2 jam 03.00 atau 03.30 pergi cari makan buat sahur jadi aku mensiasati nya pas makan malem, aku sekalian beli makan buat sahur. Jadi aku bisa makan di kos dengan tenang. Tapi karena faktor2-yg gatau datang darimana-beberapa kali aku bangunnya pas azan subuh jadi ga sempet sahur:( yah sudahlah nasi yg kubeli semalem sdh menjadi kenangan hahahaha (apasihhh🤣).
.
.
Beuh, ramadhan ala anak rantau challenging ternyata wkwkwk😂. Btw kalian ada ide/tips ngga yg ampuh dalam menjalani puasa ramadhan sebagai anak kos? Sharing dong siapa tau bisa jadi inspirasi🙏😉

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment