f

Dramatika Kuliah Online #dirumahaja

Assalamualaikum.wr.wb

Apa kabar temen-temen? Semoga sehat selalu ya. Bosen ya karena di rumah aja? Gapapa. Kalo dipikir2 kapan lagi kita beraktivitas di rumah aja tapi bisa menolong negara? 😎. Iya kan nolong negara? Dengan kita di rumah aja ya berarti kita berperan mengurangi penyebaran virus covid-19 ini. Selagi di rumah aja jangan lupa untuk selalu berdoa agar pandemi ini bisa selesai. Jangan lupa juga selalu jaga kesehatan (banyak minum air putih 🍸, makan sayur&buah 🍎, dan olahraga🏃) supaya sistem imun tubuh kita kuat dan kita bisa terhindar dari virus ini. Aamiin.

Kondisi yang seperti sekarang ini menuntut kita mengerjakan aktivitas di dalam rumah. Sebagian besar. Aktivitas di luar rumah misalnya bekerja sekarang jadi bekerja dari rumah atau work from home, kuliah sekarang jadi kuliah online, pedagang yang biasanya jualan di toko2 atau di pasar sekarang mesti jualan via wa, dan lain-lain. Bener-bener semaksimalnya dilakukan di rumah. Eits, bukan berarti bisa goler2 atau leha2 sepuasnya. Meskipun di rumah aja tetep ada kuliah/sekolah, kan? Yahh emang ngga kayak kuliah/sekolah biasa. Orang-orang bilangnya kulon atau kuliah online. Kalo dipikir2 seru juga rasanya kuliah pake laptop trus pake video conference (zoom/google meet) berasa keren aja gitu wkwk 😂. Walaupun pas awal-awal masih ndeso gatau gimana cara nya hahaha.

Yahh kira-kira begini lah drama kuliah online.
1. Ngga mandi.
Enaknya kuliah online itu ga mandi gapapa wkwk. Beberapa kali aku mandi sih sebelum kuliah online. Biar pas kuliah klo tau-tau disuruh oncam ya gak keliatan buluk banget lah wkwk. Tapi di sisi lain kadang aku mikir sebenernya mandi/gak mandi itu menunjukkan kesiapan kita juga dalam belajar, ya gak sih? Mulai besok harus mandi ya sebelum kuliah online, wahai anda yang baca ini wkwk.

2. Antara whatsapp, zoom, google meet, dan google docs. 
Empat hal tersebut menjadi starter pack dalam kuliah online. Waktu awal-awal kuliah online bingung nya gak ketulungan apalagi cara pake zoom sama google meet. Maklum, sebelumnya emang ga pernah pake karena kita bukan orang kantoran yang sehari-hari meeting pake teleconfrence. 
Yahh kurang lebih begini lah kehebohan pas awal2 pake zoom atau google meet.
“test eh suaraku kedengeran gak?”
“ehh kui mencet e opo sih ben iso koyok ngono” (ehh pencet yang mana sih biar bisa kaya gitu)
“piye sih carane ben ketok wajah ku?” (gimana sih caranya biar keliatan wajahku?)
"wee lah nggonku metu dewe" (ehh punyaku kok keluar sendiri)
Belum lagi kalo pas jaringan internetnya ngadet-ngadet. "hah ngomong apa dah" "hah gimana maksutnya" "hah gimana ini". Isinya hah-hah-hah mulu.
😀😂
Tapi makin kesini makin ahli dong pastinya wkwk karena udah terbiasa. Jadi semisal besok ada kuliah mau pake zoom atau google meet, aku be like: "terserah aku udah bisa cara pakenya 😎" wkwkwk. Sebelum kuliah pasti ada absen. Nah, biasanya absen itu tanda tangan atau finger print tapi selama kuliah online ini absennya pake whatsapp caranya share location, mantapp. Absen online ini juga ada aturannya. Absen biasanya dibuka 1 jam sebelum kuliah dimulai dari NIM 001 sampe terakhir dan harus urut.
Trus kalo ujian pake nya google docs sama google meet juga sih. Pertama kali ujian online, gatau kenapa rasanya deg-degan padahal udah sering dilakukan. Teknis ujiannya google docs itu lembar ujian terus Google meet buat timernya. Waktu awal ujian kita masih off cam. Tapi, pas ujian kedua harus on cam karena mungkin mengantisipasi kecurangan.
Tapi ada juga yang kuliah online pake whatsapp. Salah seorang temenku cerita, pas itu dia ada jadwal diskusi sama dosennya. Jadi, dosennya di invite ke grup wa terus yaudah diskusi. Kalo mau ngomong bukan angkat tangan dulu tapi diketik aja gitu. Wah itu sih pas ngetik ngga boleh typo ya kan? Mana ga boleh disingkat lagi wkwkwk. Salut deh buat yang kalo ngetik ngga ada typo padahal panjang banget kan yang diketik wkwkw. Ehh iya kan ada google voice.

3. Bangun pagi terasa berat
Beratnya bukan main cuy. Ya mungkin efek di rumah ya, biasanya habis sholat subuh lanjut tidur trus ntar bangun jam 9 atau jam 10 an (yok, tim bangun siang kita ngumpul sini wkwk). Pernah satu hari aku ada jadwal kuliah online jam 7. Habis sholat subuh, aku berusaha ngga deket2 kasur dan cari cara supaya ngga tidur lagi. Takut kebablasan bro. Aku berpikir, berpikir, berpikir. Setelah berpikir, oke aku mencoba melakukan sesuatu. Ngaji, cuci piring, bukain gorden, nyapu, dan sebagainya aku kerjakan semata2 biar jauh dari kasur wkwkw.  Mandi ga tuh? Hehehe udah tau lah jawabannya.

Yahh, semoga dengan di rumah aja dan menjalani perkuliahan dari rumah ngga membuat kita bermalas-malasan dan terlena. Boleh lah diselingi nonton film/drama. Tapi ya jangan setiap hari juga kasian matanya kena radiasi gadget. Mungkin bisa mencoba hal baru, masak misalnya. Btw, waktu itu aku coba bikin dalgona coffee yang viral itu. Trus karena bukan pake kopi nescafe classic (aku pake kopi kapal api yang ada ampas nya karena itu doang kopi yang ada di rumah pls don’t judge me) akhirnya gagal trus aku trauma sejak itu wkwwk. Aku mending masak di bawah instruksi ibu aja, kalo disuruh nambah garem ya aku tambahin kalo disuruh ngaduk ya aku aduk wkwk cemen bgt. Atau bisa coba belajar alat musik, ngedekor kamar, menambah hafalan quran, main gartic.io (wakakakak ini game paling ga jelas tapi asik). Yang perting setiap hari selama di rumah aja doing something lah daripada bengang bengong aja, oke? Oiya, mumpung di rumah ayo kita sama-sama semakin rajin beribadah dan berdoa serta banyak bersyukur. Stay safe & stay health, sodara2!😉💪💧

Jadi, kalo ditanya pilih kuliah biasa atau kuliah online kamu pilih yang mana?




Cuplikan Kuliah Online

CONVERSATION

2 comments: