f

Skills Lab Online (ft. temen-temen)

 Assalamualaikum.wr.wb

Cerita skills lab online di rumah aja.

Tulisan kali ini akan bercerita tentang pengalaman skills lab online di masa pandemi. Karena kondisi yang seperti sekarang ini, tidak memungkinkan untuk melaksanakan skills lab di kampus. Tentu terasa perbedaannya dibandingkan dengan skills lab normal di kampus. Skills lab kali ini berbekal internet, hp, dan laptop.

Kali ini skills lab tentang endodonti seputar perawatan saluran akar, pulp capping, dsb. 

Tulisan ini sekaligus menjadi tulisan penutup di 2020. Cerita ini sebenarnya buat kenang-kenangan aja, pernah ngalamin skills lab online. Yang bikin spesial, kali ini tulisannya lebih rame karena ada banyak guest star. Wedeeh mari beri tepuk tangan👏.

.

Hani: "kalo ngga karena pandemi, ngga kebayang bakal ada skills lab online"

"Ini (skills lab online) tuh kayak sesuatu yang baru, yang sebelumnya belum pernah. Maksudnya, kalo ngga karena pandemi, kita ngga bayangin bakal ada skills lab online. Tapi bisa dibilang ini (skills lab online) sebagai salah satu penemuan sih atau alternatif baru. Kalo biasanya kan skills lab diawasi secara langsung sama dosen/tutor, nah ternyata diawasi dari jauh juga bisa. Misal suatu saat metode perkuliahannya nggak selalu di lab, ya ini sebagai awalannya atau trial nya meskipun masih mentah gitu. 

Selama pandemi ini kalo ngga salah kita udah melewati 3 jenis skills lab: skills lab endodonti (di blok ini), skills lab scaling root planning yang pakai model gigi (blok STS), dan skills lab suturing (blok HTS).

Seru sih meskipun online. Yahh bisa lebih santai, ngga mandi ngga papa, dan juga ngga harus wangi wkwkw. Terus saat skills lab pakai baju yang santai aja gitu terus pakai jas lab.

Kalo pas acc an, mostly pakai foto dan sempet pake video juga yang dikirim ke grup. Karena pake foto, jadi cuma gambaran 2D. Misal kedalaman, tebel-tipis, atau permukaannya udah halus belum kaya gitu ngga bisa dicek langsung sama tutor. Jadi perlu sambil menyampaikan tentang hasil pekerjaan.

Bahan yang dipakai bukan pakai bahan asli, tapi pakai bahan pengganti yang ada di rumah. Dan bisa aja, ini dipake buat skills lab nantinya pas udah normal lagi.

Yang berkesan: skills labnya lebih dari 2 jam. Lebih fleksibel waktunya.

Yang ngga beda antara skills lab online dan skills lab normal, biasanya habis selesai skills lab laper dan nyeri otot punggung. Mungkin karena membungkuk-bungkuk gitu dan ngga ergonomis."


Eva: "punya drama dan cerita yang ngga terlupa"

"Di awal (skills lab online) masih biasa terus makin lama, karena skills labnya bertahap, jadi makin susah. Selain itu, alat-alat yang dipakai juga masih asing, jadi sempet salah, ntah salah cara pakainya atau salah bacanya. Ditambah lagi alat-alat skills lab endodonti kecil-kecil karena buat saluran akar, jadi harus teliti dan pelan-pelan pakainya, karena rawan patah dsb.

Selain itu karena acc nya pakai foto dan video, hp ku mendadak memorinya full terus jadi lemot gitu. Karena tiap acc beberapa foto dijadiin satu (grid) biar mudah juga saat dicek dan dinilai sama tutor. Pernah satu hari, skills labnya ngedit foto doang karena nge-lag hp saya wkwk. Pekerjaannya udah selesai, mau dikirim ke tutor tapi jadi terhambat saat ngedit dan nyatuin foto-fotonya.

Ada satu momen juga yang ngga terlupa. Waktu itu mendadak ngga bisa skills lab karena handpiece rusak dan mikromotorku kebakar dan keluar asep gitu. Tapi tetep ditungguin sama tutornya sampai aku akhirnya bisa pinjem mikromotor ke temeku jadi tetep bisa ikut skills lab, walaupun menyusul."


Cinthya: "skills lab di rumah bisa sambil senderan wkwkw"

"Menurutku, (skills lab online) di satu sisi efektif masih bisa mencapai tujuan pembelajaran tapi juga ngga efektif karena ngga bisa ngerasain secara real nya dan ngga di phantom. Tapi enak juga sih di rumah skills lab bisa sambil senderan wkwkwk jadi ngga terlalu strik gitu. Selain itu, enaknya ngga keburu-buru sih, jadi bisa lebih banyak belajar, lebih dapet feelnya.

Bedanya sama skills lab normal: suasananya. Kalo normal kan bareng-bareng, bisa minta tolong, hectic nya juga bareng-bareng. Kangen juga sih suasana skills lab di kampus. Kalo pas ngga bawa handscoon atau masker bisa minta temen hahaha. Selain itu, bedanya karena ini di rumah jadi lebih leluasa gitu karena yang skills lab kan kita doang, dan lebih well-organized tiap selesai mengerjakan tahap tertentu alat-alat yang dipakai langsung diberesin terus ambil alat yang lain, gitu.

Terus selama skills lab, kita sekelompok sambil zoom atau google meet berjam-jam. Jadi ngga sepi dan bisa saling nanya.

Kelemahannya kalo pas acc, karena tutornya sibuk, wajar ya, karena beliau juga mengajar di angkatan lain dan membimbing kakak koas juga jadi ngga selalu on atau balesin hasil pekerjaan kita. Tapi enak sih, sama beliau lebih slow.

Selain itu juga terasa ada hambatan komunikasi. Karena kita kan komunikasi saat ini paling lewat wa. Misal (in general) pengirim pesan maksudnya A tapi penerima nangkepnya B. Atau pas dichat balesnya lama, terus overthinking. Haduh, manusia."


Devy: "memanfaatkan bahan yang ada di rumah untuk skills lab"

"Rasanya seneng bisa skills lab di rumah apalagi ngga perlu keringetan pasang rubber dam😂. Tapi sedih juga sih ngga bisa ngerasain sensasi PSA (perawatan saluran akar) di posisi aslinya.

Bedanya sama skills lab normal, biasanya pakai bahan kedokteran gigi asli misal saat menambal pakai bahan tambal, tapi sekarang disubtitusi pakai bahan yang ada di rumah kayak bahan tambal gigi (komposit) diganti pakai tepung atau sisa gips putih yang warnanya bisa mendekati warna gigi, bahan sealer pakai pasta gigi, dll. Perbedaan yang lain soal waktu, aku ngerasa lebih cepet kelar pas skills lab di rumah soalnya ngga perlu ngantri gitu sama temen lain buat minta acc pekerjaan ke tutor. Terus ngerasanya tiap selesai skills lab badan jadi pegel-pegel gitu. Mungkin itu sih aku ngerasa perbedannya.

Kalo yang dikangenin dari skills lab normal: sensasi tegang kalo mau skills lab sama dimarahin dosen hahaha nggak deng. Kangen skills lab bareng temen di kampus, kangen berkeluh kesah pas kelar skills lab, kangen beres-beres ruangan juga."


Septina: "skills lab paling ceria walaupun sakit punggung"

"Alhamdulillah (skills lab) kali ini, aku dapet tutor yang baik banget. Jadi meskipun skills lab online tetep hepi wkwkw. Yah meskipun tetep ada drama saat skills lab online yang muncul dari diri sendiri. Antara lain alat patah (fileku patah) dan jariku sempet terbakar karena pas itu lagi nyalain bunsen terus tiba-tiba ada angin, jadinya api merembet gitu karena pakai handscoon, ya walaupun ada gosong-gosongnya dikit tapi Alhamdulillah selamat. Semacam atraksi gitu ya.

Bedanya sama skills lab normal: waktunya lebih fleksibel. Kalo normalnya skills lab di kampus 2,5 jam dipotong bersih-bersih dan evaluasi tiap skills lab, tapi karena online bisa lebih dari 2,5 jam tapi ini tergantung tutor juga sih. Kalo tutorku lebih santai, kadang skills lab dari pagi sampai sore, ngikut beliaunya. Pernah waktu itu skills lab harusnya 4x pertemuan, tapi kelompokku sama beliau 1x pertemuan udah selesai jadi kita bisa libur wkwkw. Tapi ada juga kelompok lain yang sesuai waktunya 2,5 jam. Beda-beda.

Selain itu, kerasanya lebih capek sih yang online ini. Karena ngga di DU (dental unit), posisinya lesehan terus nunduk gitu jadi boyok en (bahasa jawanya sakit punggung) wahaha😄, sangat tidak ergonomis sih.

Dari skills lab endo ini, aku sempet kagum. Aku pikir saluran akar itu besar karena kalo liat gambarnya (di internet atau buku) keliatannya besar, tapi pas skills lab kemarin ngerasain ternyata kecil-kecil sekali. Jadi harus teliti dan sabar. Minimal jadi ada gambaran sebelum besok praktek ke pasien langsung.

Kalo tentang kelompok, Alhamdulillah aku mendapat kelompok yang solid, saling menunggu, dan berjalan bersama-sama😎 (kelompoknya septina mana suaranyaaa✋✋). Bisa terlihat di foto-foto pas skills lab atau case study (CS) kelompokku tampak paling ceria wkwkwk.

Skills lab ini ada tantangannya juga, terutama mungkin buat teman-teman yang di daerah. Misal perlu bahan gips atau alginat yang buat mencetak gigi ngga bisa mendadak. Karena pengiriman barangnya mungkin perlu waktu yang lebih lama."


Sabrina: "skills lab online berasa mau nge vlog"

"Skills lab online ada enaknya dan ngga enaknya. Enaknya bisa di rumah, bisa minta bantuan, lebih santai, dan ngga perlu ribet bawa barang-barang. Kalo ngga enaknya nungguin acc lebih lama, harus standby di depan laptop selama skills lab, dan kadang kalo misalnya ada bahan yang harus dibeli ngga bisa mendadak. 

Aku skills lab pakai 2 device: laptop dan hp. Laptopnya ngarah ke aku, hp ngarah ke pekerjaan skills labnya. Kayak lagi hands on gitu. Terus skills labnya lewat zoom jadi diawasi langsung sama tutor. Bisa langsung acc ke tutornya atau kadang acc nya ngirim foto ke grup. Karena pakai 2 device, persiapannya mungkin lebih lama karena nyiapin laptop, hp, charger, cari cahaya yang memadai, terus nyiapin tripod juga buat ngarahin hp ke pekerjaan kita. Wedeeh udah kaya mau nge vlog belom wkwkw😂 Jadi persiapannya beda sih dibanding kalo (skills lab) normal.

Yang beda: suasananya. Pas pertama kali (skills lab online) tegang karena pakai 2 device. Belum pernah sebelumnya. Tapi lama-lama terbiasa jadi lebih santai. Terus tiap pertemuan durasinya lebih panjang dibanding skills lab normal (durasi skills lab biasanya 2,5 jam). Jadi kadang menurut jadwal ada 4x pertemuan bisa selesai dalam 2x pertemuan. Terus yang beda lagi, posisi. Kalo di kampus kadang suka diingetin sama tutor supaya posisi duduk ergonomis dan ngga membungkuk, kalo di rumah yaa posisi wenak alias PW wkwkw😁 Bahan-bahan yang dipakai juga beda, karena bahannya pakai bahan yang terjangkau dan ada di rumah.

Yang dikangenin dari skills lab normal: nenteng-nenteng tool box wkwkw"😁😂

.

.

Ngga terasa sudah di penghujung 2020, mungkin rasanya tidak mudah menjalaninya, but Alhamdulillah we did it. Mari bersama-sama semakin bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya, mari bersama-sama saling menguatkan satu sama lain untuk mewujudkan impian masing-masing. Tidak lupa untuk selalu menjaga imun dan iman. Sehat-sehat semuaa!


Dokumentasi skills lab online


Terima kasih untuk:

Hani

Eva

Cinthya

Devy

Septina

Sabrina

+ Verin (sudah ngasih foto buat thumbnail)

💓

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment