f

T E M A N.

Assalamualaikum.wr.wb

Hello everyone! nice to see u again!👋 Akhir2 ini ku mendadak sibuk karena ditugasin danusan ke ade tingkat. Yah, demi proker kesayangan😵 (read: lkmmtd/latihan kepemimpinan tingkat dasar. eh bener ga ya? bener aja dah.


Ada sesuatu yang pengen kubahas kali ini yaituu tentang teman. Sebenernya kita tu butuh teman ga sih? trus temen yang kaya gimana? berapa banyak teman yang kita butuhkan?


Kalo menurutku sih (ini pendapat anak 19 th ya), temen itu penting apalagi buat anak2 rantau yang harus sekolah/kuliah di luar kota dan jauh dari orang tua (like me). Soalnya, kalo ada apa2 biasanya temen kan yang bisa bantu, ya karena emg paling deket juga sih. Dulu tuh waktu awal2 memasuki dunia perkuliahan bahkan smpe sekitar 3 bulan, aku suka bgt men scan orang-orang (which is perhatiin tingkah laku temen2ku) di kls jadi kaya pilih2 gitu kira2 aku cocok temenan sama siapa. Karena kalo misal salah pilih nih, beuh, yaudah dah. Jadi dulu tu guru2 di sma dan orang tuaku seriiing bgt mewanti2 gitu tentang pergaulan di jenjang kuliah. Even pergaulan di sma juga sering diwanti2. Tapi, katanya tuh nyari temen yg "pas" waktu kuliah agak susah.

Dan, benar rupanya.
Temen2 di kuliah itu randooom parah. Yg aktivis ada. Yg anak lomba ada. Yg alim ada. Yg pemales ada. Yg ambiz ada (yg ini hrs pake z). Wah macem2 dahh pokoknya. Dan seiring berjalannya waktu, aku dapet pencerahan. Pada intinya, kita bebas mau berteman sama siapa aja. Yg penting, saling menghormati dan toleransi. Kalo bisa dalam berteman tu membentuk simbiosis mutualisme. Jadi ga ada yg dirugiin. Dan inget, kita ga boleh pilih temen berdasarkan 'tampangnya' coz dont look a book from its cover. 👌

Terus berapa banyak sih temen yg kita butuhkan? As much as you like. Bebas dahh mau beratus2 beribu2 bolehh. Pernah suatu hari ada kaka tingkat yg bilang (intinya), "cari temen atau kenalan yg banyak. siapa aja dah mau itu abang2 gorengan, abang2 parkir, siapa pun boleh. Karena misal pas kita beli gorengan Rp3000 biasanya dikasi 4 atau 5 ahahaha" *sekarang gorengan satunya seribu coy:( yah intinya kalo kita punya banyak temen tuh manfaatnya juga kembali ke diri kita sendiri. Inget, kalo kita berteman dengan penjual parfum kita akan ketularan wanginya, kalo temenan sama tukang areng jadi ketularan itemnya.

Kalo temen yg "pas" itu yg gimana sih??? Yah, orang yang apa adanya aja. Bukan yang ada apanya. #EAA 😎


ps: ga ada poto/gambar gapapa yakk✌




CONVERSATION

3 comments:

  1. Lahh aku juga suka yg mutualisme gituu..apa itu termasuk teman yg ada apanya kak?😁

    ReplyDelete
  2. Disini masih 500an lhooo,,, ahahaha😂😛😛😛

    ReplyDelete