f

Ujian SOCA saat corona

 Assalamualaikum.wr.wb


Ujian SOCAA saat corona

Yo! Yo! Saya kembali lagi.

Ujian kali ini rasanya seperti anda menjadi ironmen hahaha.

Bulan september kemarin, aku dan teman-teman menghadapi ujian soca ke 3 selama menempuh perkuliahan di tingkat sarjana atau S1. Bahas ujian soca sedikit kali ya. Soca singkatan dari student oral case analysis. Ujian ini merupakan salah satu bentuk ujian di kedokteran gigi, sistemnya kita diberi suatu kasus lalu mempresentasikan pembahasan kasus tersebut di depan dosen penguji (ujiannya lisan). Kasusnya bisa klinis (berkaitan dengan kedokteran gigi) atau non klinis (selain materi kedokteran gigi misal statistik, dsb). Oiya, keunikan lain dari ujian soca ini, materi yang akan diujikan itu materi yang telah dipelajari setahun terakhir. Karena sekarang aku di tahun ke 4, berarti materi ujiannya adalah materi-materi di tahun ke 3 yaitu semester 5 dan 6. 

Materi semester 5 ada 3 blok: dental pharmacy (denphar), oral biomedic (ob), dan preventive dentistry (prevdent). Blok denphar mempelajari tentang obat-obatan mulai dari cara kerja obat, farmakokinetik-farmakodinamik, cara menulis resep obat, menentukan dosis, dsb. Blok ob tentang bidang ilmu penyakit mulut (IPM) yang mostly materi-materi power point yang dikasih dosen isinya bermacam-macam gambar penyakit mulut. Kalo blok prevdent membahas 2 bidang ilmu yaitu bidang orthodontia (macam-macam piranti orthodonti, cara mengukur lengkung rahang, ruang yang diperlukan suatu gigi supaya gigi itu bisa menempati posisi yang seharusnya sehingga gigi akan rapih/diskrepansi gigi, dsb) dan bidang konservasi gigi (tentang karies, perawatan restorasi gigi, alat dan bahan yang dipakai, dsb). Materi semester 6 ada 3 blok juga: hard tissue surgery (hts), soft tissue surgery (sts), dan basic research method (brm). Blok hts membahas tentang bidang ilmu bedah mulut (BM) misal kasus perawatan gigi bungsu yang perlu tindakan bedah, alat dan bahan yang diperlukan dalam perawatan bedah di kedokteran gigi, dsb. Blok sts mengenai bidang ilmu periodontia atau ilmu yang membahas jaringan lunak di sekitar gigi. Materinya tentang perawatan gigi sensitif, scaling, bedah periodontal, dsb. Kalo untuk blok brm, nah ini merupakan blok non klinis di tahun ke 3 yaitu tentang statistik, cara pake SPSS, dan latihan membuat karya tulis ilmiah gitu buat persiapan skripsi. Wahh materinya sungguh beragam sodara-sodara. Ujian ini merupakan salah satu ujian yang selalu bikin deg-degan karena kasusnya itu diberikan saat hari H ujian (on the spot). Sedangkan kita ngga tahu, itu kasusnya klinis atau non klinis, jumlah soalnya berapa, nanti soalnya diambil dari blok apa, ngga tau. Surprise pokoknya mah. Wah kudu nyusun strategi ini untuk me recall materi yang tersimpan di otak dan buku😂.


Yang spesialnya lagi adalah ujian soca kali ini dilaksanakan online karena kondisinya lagi pandemi. Wohoo. Jadi inget, waktu ujian yang ke 1 dan 2 (sebelum pandemi) itu pas awal semester dikasih tau kalo bakal ada ujian soca, langsung pada heboh-takut-gimanaa gitu. Ngumpulin catetan kuliah, belajar kasus bareng, latihan, dsb. Terus beberapa bulan atau beberapa minggu sebelum ujian, mulai menjadi makhluk nomaden alias suka berpindah-pindah kos karena nginep di kos temen buat belajar (diseling makan juga sih dan kadang hiburan biar ngga stres😝). Jadi kerasa gitu vibes deg-degannya dan temen-temen pada semangat mempersiapkan segala sesuatu buat ujian ini💪. Karena ujian yang ke 3 ini dilaksanakan online di rumah masing-masing, sebisa mungkin tetap belajar bareng antara pake google meet atau saling share foto catetan atau saling kirim vn di wa yang jatohnya jadi kaya podcast gitu ya wkwkwk vn 20 menit ngomongin teknik cabut gigi dengan pembedahan👏👏.

Di satu sisi, perkuliahan online juga terus berjalan. Jadi paginya kuliah online dan ngerjain tugas, malemnya nyicil belajar *play lagu Saykoji-online* 🎵

"Siang malam ku selalu

Menatap layar terpaku

Aku online online online online"

Dan sampe pada suatu hari entah h-2 atau h-3 ujian soca, kok agak sakit badan ini sodara-sodara wkwkw. Rasanya pegel-pegel gitu kemudian suhu tubuh menaik dan ternyata nggreges frens. Wahh, namanya juga manusia punya keterbatasan. Yaudah, lagu Saykoji berubah jadi offline dulu.

Dan datanglah hari H ujian jeng jeng jengg. Ujian dimulai pukul 13.00. Teknisnya memakai 2 device yaitu hp dan laptop. Hp jadi pengawas gitu nyorot ke layar laptop dan laptopnya sebagai device untuk baca soal, presentasi, dan tanya jawab sama dosen penguji. Kita dibagi menjadi beberapa jalur. Tiap jalur ada 5-6 mahasiswa yang dikasih link google meet yang berbeda. Nah di tiap jalur ini, dikasih waktu 10 menit untuk baca soal dan nyusun jawaban yang nanti akan dipresentasikan. Selanjutnya, ke stase presentasi dan tanya jawab dengan dosen penguji. Di room google meetnya cuma berdua aja, mahasiswa dan dosen. Oiya, di stase 1 ini kasusnya berupa non klinis dikasih waktu 15 menit buat presentasi. Setelah selesai, kita berlanjut ke stase 2 yang berupa soal klinis bidang ilmu konservasi gigi which is kasusnya berarti dari blok prevdent. Woah, deg-degan. Setelah 10 menit baca soal, kita masuk ke link google meet baru untuk bertemu dosen penguji di stase 2. Woah, rasanya seperti menjadi ironmen, asli😆.

Selesai ujian, seperti biasa kita saling sambat satu sama lain wkwkw. Bukan sambat sih, lebih ke cerita-cerita.

"tadi pengujiku dokter x, deg-degan"

"ehh masa bagian prinsip preparasi lupa aku hahaha"

"di stase 1 aku pede banget jawabnya gatau dah bener atau salah hahaha"

"diagnosisnya apa sih yang di stase 2?"

Dan sebagainya.

Biasanya tiap abis ujian gini saling cerita terus ketawa sendiri karena ada materi yang lupa, atau karena saking groginya jadi nge blank gitu, ngakak😂. Terus kita lanjut foto-foto (kaya udah jadi tradisi, tiap ujian soca atau osce, foto-foto). Karena ujiannya online, foto-fotonya juga online lewat google meet. Wahh, pengalaman ujian SOCAA di tengah corona memang tiada duanya.

Dresscode ujian soca: hitam putih

Mohon doanya, teman-teman. Semoga kita semua diberikan hasil yang terbaik😁.

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment