f

agar betah belajar

Assalamualaikum.wr.wb

 

Sebagai siswa atau mahasiswa pastinya belajar bisa dibilang satu keharusan. Mau ngga mau ya harus mau. Sebenernya secara general sih, belajar ngga melulu di sekolah. Semua lini pasti perlu dan butuh belajar. Karena memang pada dasarnya, sebelum melakukan sesuatu kita perlu tau dulu ilmunya.

Kali ini kita bahas konteksnya aktivitas belajar sebagai seorang pelajar (bisa sekolah atau kuliah). Pastinya, dari belajar pinginnya bisa menimba dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya, sedalam-dalamnya. Sebelumnya gelap gulita dengan belajar jadi menemukan cahaya. Harapannya cahaya ini bisa bersinar luas dan menerangi lingkungannya. Artinya, ilmu yang didapat bisa diaplikasikan dalam kehidupan dan bermanfaat bagi sekitar. 

Khoirunnas anfauhum linnas

Agar bisa tercapai, tentunya perlu strategi. Karena, pun kita ketahui bersama, namanya belajar ini juga hambatannya gede banget. Hambatan internal ada, eksternal juga. Paling mendominasi tidak lain ya rasa malas dan suka menunda. Yap, procrastinatingWe all know that. Berarti perlu cara dan langkah yang lebih gede untuk melawan rasa malas ini. I know exactly what I have to do, you too

Bisa berawal dari mengenali diri sendiri. Kenali cara dan gaya belajar yang paling PW alias posisi wenak, yang bikin betah belajar. Karena kalo udah nemu nih, mau materi sesulit atau sebanyak apapun, dan harus belajar berjam-jam rasanya enjoy gitu. Ngga ada beban. Sulit memang awalnya, tapi sekalinya klik sama gaya belajar yang pas, udah.

Beberapa kali aku sempet observasi temen-temen soal gaya belajar mereka. Kalo ngga salah sejak SMA. Visual, auditori, atau kinestetik ada semua. Visual tipikal yang harus melihat langsung entah gambar, foto, atau wujud aslinya kayak gimana. Segala detailnya harus dilihat. "Oh iya, aku pernah liat nih persis kaya gini di buku. Ternyata begini" tiap nemu hal baru. 

Kalo auditori belajarnya dengan mendengarkan audio atau suara. Beberapa temenku kalo lecture kadang sambil ngerekam penjelasan dosen. Rekamannya nanti disetel lagi saat belajar karena ngebantu. Tapi kadang ya, cuma berakhir koleksi rekaman aja. Gitu kata mereka wahaha. Satu hal yang aku notice tipe auditori kalo mau belajar suka ngajak temennya gitu. "Cepet jelasin materi ini, aku dengerin. Yok". Walaupun seringnya disertai pemaksaan, udah minta, nyuruh cepet lagi😂. Pemaksaan dalam kebaikan ini.

Beda lagi sama kinestetik. Biasanya kalo belajar ngga bisa diem (hasil observasi juga). Pinginnya geraaak terus. Tapi dengan begitu ya jadi lebih paham tentang materi. Biasanya dengan praktikum, demo, atau skills lab misal, materi bisa lebih nempel di kepala. Melakukan gitu. Kalo lecture atau seminar mungkin gampang bosen, karena cenderung pasif dan minim interaktif. 

Paling seru kalo belajar kelompok, dengan tipe dan gaya masing-masing. Bisa lebih-lebih itu materi nempel dan biasanya tahan lama juga (berdasarkan pengalaman). Kalo dulu di SMA, sering banget kalo belajar kita bikin cerdas cermat atau QnA. Saling tanya saling jawab. Biar heboh, gampang masuk materinya, dan inget terus. "Soal no.27 tadi mirip sama yang kita pelajarin ga sih pas cerdas cermat minggu lalu?". Atau jadi inget karena suasananya. "Aku inget banget materi ini. Kita malem-malem belajar ini kan?". Biasanya, kalo pas belajar heboh gini suka ditegur sama temen yang lain karena ruame pol. Polusi suara kali ya wkwkw.

Memasuki kuliah, gaya belajar agak sedikit berubah. Mungkin karena metode pembelajarannya juga beda saat di SMA. Active learning harus lebih dominan. Karena sumber ilmunya lebih luas dan bisa cari dengan bebas. Kalo SMA, mungkin lebih terpaku sama buku paket dari sekolah, kayanya sih gitu ya. Struggle nya lebih kerasa. Belajar materi-materi tubuh manusia, dan sebagainya. Jadi inget, dulu pas mahasiswa baru temen-temen kalo cerita "materi kuliah mirip-mirip sama SMA, tapi emang lebih detail". Ternyata beda. Tapi yaudah, karena masih penyesuaian mungkin.

Active learning harapannya belajar bukan cuma buat ujian, tapi bisa dipake suatu saat nanti. Bisa nempel terus di otak. Pokoknya, kali ini belajar harus lebih berkualitas. Lingkungan juga lebih kompetitif. Trus baru sadar, kalo di kuliah ini aku bertemu temen-temen yang bisa jadi dulu langganan juara di kelasnya, aktif, anak olimpiade, dari sekolah favorit, intinya terbaik lah di sekolahnya. Jadi nggak maen-maen. Se-Indonesia lagi. Kepikiran hal yang sama ngga?

Karena lingkungan yang kompetitif ini, awalnya aku berpikiran aku harus belajar supaya jangan kalah sama yang lain. Masing-masing ingin menjadi yang terbaik, itu pasti. Belajar jadi 'tampak' beban seolah-olah biar ngga kalah. Padahal belajar ini kan proses, ngga ada menang kalah. Pada akhirnya ini kurang bener. Niat belajar akhirnya ditata ulang. Coba instrospeksi tujuan menuntut ilmu ini apa. 

Inna sholatii wa nusuuki wa mahyaayaa wa mamaati lillahirabbil alamiin. 

Daripada kompetitif, lebih baik kolaboratif bukan? Hari-hari kuliah yang menuntut 'harus belajar' akhirnya dilalui bareng-bareng. Kolaborasi. Materi segombreng akhirnya dipelajari bareng dengan gaya belajar masing-masing. Suasana belajar dibikin fun gitu lahh. Belajar dapet, bermain juga dapet (bermain??). Makanya, kalo tiap musim ujian ngga jarang kita jadi makhluk nomaden. Pagi belajar di kosnya si A, nanti pindah kos B, dll. Sering juga temen-temen belajar bareng di kosku. Trus tradisinya selalu bawa makanan atau cemilan. Mau belajar apa piknik sih? Wkwkw. Keperluan konsumsi. Karena ngga bisa bohong, logistik mendukung logika. Hahaha.

Kesimpulannya:

1. Belajar itu salah satu aktivitas yang dibutuhkan manusia, tanpa pandang usia.

2. Ilmu dari hasil belajar kalau diaplikasikan seperti cahaya yang bersinar.

3. The only one knows about yourself is yourself.

4. Temukan gaya belajar yang paling PW.

5. Belajar ngga hanya biar pinter, tapi akan selalu ada manfaat lain yang menyertai.

6. More you know about things, the more you know nothing.

.

.

Shoutout to: my study buddies yang selalu riweuh padahal cuma mau belajar. Heran😪

CONVERSATION

1 comments: